Selasa, 01 November 2011

PEMANFAATAN BARANG BEKAS PLASTIK

Sebaiknya Anda jangan Membuang sampah plastik. Sebab, dengan sedikit keterampilan, sampah-sampah plastik bisa dimanfaatkan menjadi aneka barang yang menarik dan bernilai ekonomis tinggi. Seperti halnya yang dipamerkan sebuah hotel di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Ruang makan hotel terlihat indah dilengkapi penutup kursi, alas piring dan gelas yang seragam. Beberapa aksesori seperti penutup botol, kulkas, dispenser dan peralatan lain juga dibuat dengan bahan dan warna yang senada. Semua barang di ruang makan ini ternyata dibuat dari bahan-bahan yang murah dan sederhana, yakni sampah plastik seperti bekas pembungkus makanan, sampo, dan pewangi pakaian menjadi bahan bakunya.
Barang-barang daur ulang ini digagas kelompok peduli lingkungan, Lembaga Studi dan Tata Mandiri atau Lestari. Menurut aktivis Lestari, Ami Supatmi, Senin (19/9), kegiatan daur ulang ini berawal dari keprihatinan terkait banyaknya sampah plastik pascagempa di Yogyakarta, 2006 lalu. Kelompoknya pun mendampingi berbagai kelompok masyarakat untuk memanfaatkan sampah plastik menjadi barang-barang bernilai ekonomi tinggi.
Mengenai cara pengerjaannya, Ami menjelaskan, pertama sampah plastik dipotong kecil-kecil. Selanjutnya, dibuat kantung atau penutup dengan menggunakan plastik gordyn dengan cara dijahit. Agar lebih indah, pada bagian pinggir kantung plastik ini diberi list kain. Setelah itu, sampah plastik yang sudah dipotong kecil dimasukkan ke kantung plastik ini dan ditutup kembali dengan cara dijahit.
Ami menambahkan aneka barang daur ulang ini tak hanya diminati masyarakat di Tanah Air ,namun juga di luar negeri, seperti Prancis, Belanda dan Amerika Serikat. Alhasil, selain menjaga kelestarian lingkungan, kocek pun bertambah berkat sampah plastik daur ulang. Tak ada salahnya jika Anda mencobanya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar