Selasa, 10 Januari 2012

Apakah Sesuatu Yang Terbuang Selalu Tidak Berharga?

Ada sebuah cerita yang menarik, kisah ini saya peroleh saat saya mengikuti sebuah seminar di Universitas Indonesia. Sebenarnya cukup banyak yang ingin saya ceritakan, tapi kalau diceritakan semua nanti saya kehabisan ide dong hehehe, jadi ceritanya bertahap saja ya. :)
Ok, sekarang saya akan memberikan sebuah pertanyaan? Apa yang terlintas dalam pikiran anda saat melihat sampah plastik, botol bekas, bungkus rokok, papan-papan bekas atau ketika melihat sebuah gedung yang dibongkar? Biasa saja atau justru langsung terbesit ide untuk melakukan sesuatu? Jika yang terbesit adalah sebuah ide, entah itu ide bisnis atau apapun, maka anda termasuk orang yang proaktif. Mungkin anda perlu mendengar pernyataan ini : Setelah ditelusur lebih jauh, ternyata banyak barang yang kita anggap bagus berasal dari sesuatu yang awalnya tidak berharga atau terbuang.
Sebagai contoh, salah satu inspirasi yang saya peroleh saat mengikuti seminar di UI, ketika salah satu pembicara dari LIPI menceritakan perjalanan dia membangun rumahnya. Unik dan menarik, itu yang saya tangkap saat mendengar kisahnya. Bagaimana tidak, ketika orang lain membeli tanah untuk membangun rumah, dia malah beli kolam. Mungkin dalam pikirannya, yang penting masih di bumi ini.
Lalu apa yang dilakukan selanjutnya, kawan kita ini ternyata terus bergerak mencari segala kebutuhan untuk rumahnya. Mulai dari papan pembungkus mobil ekspor, ubin dari gedung yang dibongkar dll. Intinya dia mengumpulkan semua bahan yang menurut dia berguna untuk membangun rumahnya. Padahal mau membangun rumah seperti apa dia sendiri tidak tahu.
Prinsip beliau, kumpulin saja semuanya, tentang cara membangunnya gimana nanti. Akhirnya dengan perlahan tapi pasti, rongsokan yang kita anggap tidak berharga tersebut menjadi rumah yang indah. Sayang saya tidak menunjukkan gambarnya (lupa tidak memintasoftfilenya). Saya kira rekan-rekan juga sering menjumpai kisah inspirasi seperti ini bukan?
Ada satu poin yang saya ambil untuk kaitannya dengan bisnis online. Hargai ide sekecil apapun, tidak perlu memikirkan ide bisnis ini akan berhasil atau tidak. Dan seperti yang dikatakan Nike, Just Do It!. Bukankan sesuatu yang besar atau yang indah lahir dari kesederhanaan itu sendiri? Bagaimana menurut anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar