Pembelajaran keterampilan di SMP UTAMA diarahkan agar peserta didk dapat mengembangkan kecaapan hidup (life skill ) yang meliputi keterampilan personal, social, pravokasional, dan akademik. Penekanan jenis ketrampilan dipilih oleh sekolah dan perlu mempertimbangkan minat dan bakat peserta didik serta potensi lokal, budaya, ekonomi, dan kebutuhan daerah.
Pembelajaran kerajinan dan teknologi di sekolah mengembangkan kemampuan dan keterampilan Peserta didik dalam berkarya. Pembelajaran keterampilan memberikan kemampuan bagi Peserta didik untuk membuat benda kerajinan dan teknologi sesuai dengan kebutuhannya. Kebutuhan tersebut dapat berupa kebutuhan praktis maupun kebutuhan akan kepuasan terhadap hasil ciptaannya.
Demikian pula halnya dengan kegiatan Keterampilan di SMP Utama, berupaya membuat program kegiatan keterampilan yang mengapresiasi, mencipta kerajinan tangan dan teknologi, dan penyajian karya dalam bentuk pameran dan apresiasi. Mengapresiasi keterampilan berarti mengenal, memahami, mengkomunikasikan, dan memberikan penghargaan terhadap karya kerajinan dan teknologi.
Berkarya kerajinan dan teknologi pada dasarnya merupakan proses membuat dan mengolah bahan dengan teknik tertentu untuk mewujudkan produk kerajinan dan teknologi. Dalam proses membentuk karya, kegiatan keterampilan di SMP Utama lebih mengarah kepada pemanfaatan barang-barang bekas menjadi barang /produk layak pakai. Dengan melibatkan Peserta didik secara langsung dalam aktivitas berkarya keterampilan akan memberikan pengalaman nyata dan bermakna.
Tujuan kegiatan keterampilan di SMP Utama adalah siswa terampil dan mampu mengolah barang-barang bekas menjadi barang-barang layak pakai dan mengolah barang-barang pakai.
Sehingga mampu menjadikan SMP Utama sebagai sekolah yang memiliki wawasan dan berbudaya lingkungan.
Kegiatan keterampilan memiliki fungsi mengembangkan kreativitas, mengembangkan sikap positif, produktif, mandiri, dan mengembangkan sikap menghargai berbagai jenis keterampilan/ pekerjaan dan hasil karya, selain itu keterampilan kerajinan tangan ini juga berfungsi sebagai berikut:
- Membekali siswa akan pengetahuan tentang kerajinan tangan
- Memberi bekal kepada siswa tentang keterampilan dasar mengolah barang-barang bekas layak pakai
- Memberi bekal kepada siswa untuk mengembangkan kreativitas melalui barang bekas layak pakai
Adapun jenis-jenis barang bekas yang saat ini dimanfaatkan oleh SMP UTAMA diantaranya:
Koran, Majalah, Gelas Plastik, Botol Minuman, Kain Perca, dll.
Hasil dari kegiatan ini membentuk jiwa enterprenuer dalam diri siswa, dimana hasil karya mereka diperjualbelikan sebagai pendanaan untuk kegiatan-kegiatan sekolah, seperti pentas seni, pemberdayaan majalah dinding, dan kegiatan kesiswaan yang lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar